Selasa, 21 Februari 2017

Interaksi Manusia dan Komputer ( Bad Design dan Good Design) Membandingkan Aplikasi Jual Beli Online Shopee dan Tokopedia

       Interaksi manusia dan computer (IMK) adalah disiplin ilmu yang berkaitan dengan design, evaluasi, dan implementasu system komputasi interaktif bagi pengguna manusia dan dengan studi tentang fenomena sekitarnya. IMK mempelajari bagaimana karakteristik manusia (psikologi manusia) dengan karakteristik computer, lalu di aplikasikan pada suatu design yang dapat membantu pekerjaan manusia.
      Design merupakan suatu system yang berlaku untuk segala jenis perancangan dimana titik beratnya adalah melihat segala suatu persoalan secara keseluruhan.

 Tujuan Design Interface:
1. User friendly (ramah dengan pengguna): kemampuan yang dimiliki oleh software atau program    aplikasi yang mudah dioperasikan, dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam mengoperasikan program tersebut, bahkan bagi seorang pengguna pemula 
2. WYSIWYG (what you see is what you get) 
3. Mengurangi frustasi, ketidakamanan, dan kebingungan pada pengguna 
4. Implikasi: meningkatkan kepuasan kerja dan menurunkan tingkat absensi pekerja

Kriteria User Friendly 

1. Memiliki tampilan yang bagus 
2. Mudah dioperasikan 
3. Mudah dipelajari 
4. Pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software tersebut


Bad Design dan Good Design

   Saya akan membahas bagaimana good design dan bad design nya dengan membandingkan 2 aplikasi penjualan online dari sudut pandang penjual. Aplikasi yang saya bandingkan adalah Shopee dengan Tokopedia dan yang saya bandingkan adalah perbedaan design yang sangat mencoloknya saja. Sebelumnya, kriteria penilaian design ini disesuaikan dengan kriteria Usability Goals dan Experience Goals.
   Usability goals cenderung kepada kepuasan pengguna dari sisi "biaya". Kebanyakan pengguna ingin menggunakan suatu aplikasi atau design yang efektif digunakan, efisien di gunakan, aman, memiliki utilitas yang baik, mudah dipahami, dan mudah diingat cara penggunaanya.
    Experience Goals cenderung kepada kepuasan pengguna dari sisi psikologi manusia. Bagaimana penerapan design  yang membuat penggunanya enjoy, merasa pekerjaanya terbantu dengan adanya system tersebut, dan membuat pengguna "addict" terhadap system tersebut.
   Ini dia perbandingan design penjualan online Shopee dan Tokopedia yang dapat kita unduh secara gratis di playstore.

1. Pertama, yang saya bandingkan adalah tampilan beranda dari kedua aplikasi tersebut:

  • Tampilan Beranda (awal) Tokopedia

Ini adalah tampilan beranda sekaligus tampilan awal dari aplikasi jual beli Tokopedia.


Tampilan tokopedia ini dapat dinilai dengan experience goals. Menurut saya, dengan tampilan yang seperti ini, aplikasi terlihat tidak memberi "motivasi" terhadap pembeli untuk memilih berbelanja di system tersebut karena tampilannya kurang menarik. Dapat kita lihat tampilan kurang begitu menarik karena warna dan iklan promo promo yang cenderung standard. Untuk itu tampilan ini termasuk bad design

  • Tampilan Beranda (awal) Shopee

Ini adalah tampilan beranda sekaligus tampilan awal dari aplikasi jual beli Shopee.


Tampilan Shopee ini dapat dinilai dengan experience goals. Menurut saya, dengan tampilan yang seperti ini, aplikasi dapat memberi sugesti kepada pembeli bahwa pembeli akan menemukan apapun yang mereka inginkan di aplikasi ini. Dapat kita lihat tampilan Shopee lebih menarik dari tokopedia karena menyajikan gambar real dan warna yang menarik. Selain menampilkan beberapa produk, pada halaman awal ini pengguna tetap dapat melihat promo promo yang diberikan oleh shopee.  Untuk itu tampilan ini merupakan tampilan good design.


2. Kedua, yang saya akan bandingkan adalah bagaimana fungsi salah satu fitur aplikasi ini yaitu fitur untuk mengambil penghasilan penjualan.

  • Pengambilan Penghasilan dari Tokopedia







Fitur di Tokopedia ini dapat kita nilai dari usability goals dan experience goals. Usabilility goals dari fitur aplikasi ini adalah tanpa pembelajaran khusus, pengguna langsung secara otomatis mengetahui bagaimana  cara penarikan saldo dan pengisian saldo dari akun Bank yang sudah pengguna daftarkan sebelumnya. Fitur ini mudah dipahami dan diingat cara penggunaanya dan sesuai dengan fungsinya. Selain itu ketika pengguna akan mengambil saldo, maka pengguna diminta untuk menginput password yang hanya dimiliki oleh pemilik akun asli untuk mencegah pembobolan saldo di tokopedia oleh orang lain. Pengguna juga dapat melihat rincian dana yang masuk dan keluar dari fitur ini. Karena kemudahan ini, experience goals nya adalah pengguna akan merasakan enjoy dan sangat terbantu pekerjaanya dengan design ini. Untuk itu, design ini termasuk good design.


  • Pengambilan Penghasilan dari Shopee




Fitur di Shopee ini dapat kita nilai dari usability goals dan experience goals. Secara kasat mata, aplikasi ini memiliki button yang sama fungsinya dengan yang ada di tokopedia yaitu "Tarik Dana". Tetapi, apa yang tejadi setelah button itu di klik? Button itu mengarahkan pengguna untuk "menarik" dana dari saldo yang ada pada tabungan rekening Bank yang sudah terdaftar. Karena pada shopee dana dikirim otomatis oleh system sebanyak 3x dalam seminggu. Itu artinya, pengguna tidak perlu menginput password ketika dana akan dilepas ke rekening. Hal tersebut menurut saya kurang safety karena bias saja ketika akun tersebut sedang dipegang oleh orang lain, ada orang lain yang menambahkan no rekening Bank baru untuk penarikan saldo. Jika hal itu terjadi maka dana akan di transfer secara otomatis ke akun Bank baru tersebut. Maka design ini termasuk bad design.


3. Ketiga, saya akan membandingkan ketika mendapat orderan dari pembeli.

  • Mendapat order di tokopedia





Ketika mendapatkan order, tokopedia memberikan pilihan kepada penjual untuk melakukan acc / penolakan dengan berbagai alasan (alasan ada yang sudah tersedia atau bias ditulis manual jika alasannya selain dari yang di sediakan). Bila penjual melakukan acc, maka, penjual harus mengirimkan barang sesuai waktu yang tertera di system, apabila terlewat maka pesanan otomatis terbatalkan oleh system. Hal ini merupakan good design karena ssistem berkomunikasi dengan penjual dengan baik serta tidak merugikan pembeli karena pembeli juga tidak akan menunggu barang dikirim terlalu lama karena penjual selalu diberikan reminder dari system memalui SMS.

  • Mendapat order di Shopee


    Berbeda dengan tokopedia, bila di shopee ketika pesanan pembeli yang sudah melakukan transaksi diterima oleh system maka system secara otomatis memberikan reminder langsung di kolom "Perlu Dikirim", jadi penjual tidak perlu melakukan persetujuan terlebih dahulu. Karena shopee memiliki fitur Chat, jadi penjual dapat berdiskusi terlebih dahulu dengan pembeli apabila barang yang dipesan tidak ada, bisa diganti dengan barang lain yang seharga / menunggu (PO) /  di batalkan saja (karena shopee memiliki fitur pembatalan pesanan seperti tokopedia). Hal ini merupakan good design karena penjual dan pembeli dapat melakukan komunikasi intens selama masa garansi pengiriman barang habis jadi penjual tidak kehilangan order dan pembeli dapat informasi yang jelas dari penjual dengan adanya system chat yang sama persis dengan Social media lainnya yang bisa mengirimkan gambar dan chatting dengan mudah.


   Itulah perbandingan good design dan bad design yang sangat mencolok dari kedua system penjualan online Tokopedia dengan Shopee. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Banyak pengguna yang berkata pada saya selaku penjual  mereka ada yang bilang merasa sangat nyaman menggunakan Tokopedia dan ada yang merasa sangat nyaman dengan Shopee. Hal tersebut dikarenakan factor psikologi masing masing orang yang berbeda beda dari setiap orang dan juga pengalaman berbelanja dengan aplikasi tersebut. Kedua aplikasi tersebut juga memiliki fitur Rating Toko untuk dapat memberikan pendapatnya seputar pengalamannya berbelanja di suatu took setelah dia berbelanja. Fitur itu dapat menguntungkan penjual dan pembeli karena penjual dapat termotivasi agar tetap selalu memberikan yang terbaik dan pembeli dapat memilih took yang baik sebelum berbelanja.


Sekian review dari saya, semoga bermanfaat 😀 . Yuuukkk berbelanja online hihi....



(*PS : ada foto yang saya blur karena itu merupakan informasi yang bersifat privasi :D )




13 komentar:

  1. Mantep informasinya nih, nambah referensi untuk jual beli online ^^

    BalasHapus
  2. Terimakasih infonya, jadi menambah wawasan saya tentang design

    BalasHapus
  3. Cendol banget nih gan infonya. Sangat bermanfaat. Tengkyu banget nih udah nambah wawasan

    BalasHapus
  4. saran aja sist banyakin review lagi , soal nya review nya bermanfaat banget ,di tunggu sist ^^

    BalasHapus
  5. Terima kasih informasinya sangat detail jadi tau perbedaan antara good design dan bad design serta menambah wawasan apa itu design dalam bidang teknologi informasi

    BalasHapus
  6. Terima kasih informasinya sangat detail jadi tau perbedaan antara good design dan bad design serta menambah wawasan apa itu design dalam bidang teknologi informasi

    BalasHapus
  7. Good referensinya bisa nambah ilmu dan wawasan jadi tau cara jual beli online yg bai.

    BalasHapus
  8. Good referensinya bisa nambah ilmu dan wawasan jadi tau cara jual beli online yg bai.

    BalasHapus
  9. bagus sekali nih mba asri postingannya bermanfaat sekali terimakasih yaaaa

    BalasHapus
  10. alhamdullillah terimaksih atas informasinya sist :)

    BalasHapus
  11. terimakasih informasinya mba asri bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  12. Terimakasih informasinya sangat bermanfaat untuk saya

    BalasHapus